Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan

17 Februari 2021   46 kali  
PEMBINAAN PIK REMAJA KABUPATEN LUMAJANG
PEMBINAAN PIK REMAJA KABUPATEN LUMAJANG

PEMBINAAN PIK REMAJA KABUPATEN LUMAJANG

SALAM GENRE…

GENERASI BERENCANA KABUPATEN LUMAJANG… SEHAT, CERDAS, CERIA…..!!!

‘SAATNYA YANG MUDA YANG BERENCANA’

 

Rabu, 17 Februari 2021 Dinas Dalduk, KB dan PP di Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejatera telah melaksanakan Pembinaan PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja). Apa itu PIK R? PIK merupakan wadah binaan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang di Kabupaten  Lumajang di bawah Dinas Dalduk, KB dan PP yang bertujuan untuk memberikan tempat konsultasi pada remaja-remaja baik di sekolah, pondok pesantren maupun masyarakat. PIK R di bentuk di Sekolah, Pondok Pesantren, lingkungan Masyarakat di Kecamatan dengan arahan penyuluh KB di masing-masing Kecamatan.

 

Pada kegiatan pembinaan PIK R tanggal 17 kemarin, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yaitu mewajibkan penggunaan masker bagi peserta maupun panitia, mencuci tangan, menjaga jarak tempat duduk, serta mengukur suhu sebelum masuk ruangan. Pada kegiatan tersebut  hampir 70% dari ketua PIK R sekabupaten lumajang ikut hadir menjadi peserta.  Tujuan dari pembinaaan PIKR ini adalah meningkatakan kemampuan anggota PIKR terkait masalh remaja. Adapun materi pada pembinaan PIK R kemarin antara lain  Teknik Komunikasi, Prinsip-prinsip pendidik sebaya, kesehatan reproduksi dan sedikit menyinggung terkait Pendewasaan Usia Perkawinan. Seperti yang menjadi anjuran BKKBN bahwa usia menikah untuk perempuan adalah 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. Fasilitator pada kegiatan ini adalah ketua insan genre (EVI), wakil Insan Genre ( Ayu), Anggota Insan Genre ( Faroid), serta Ketua COE PIK Remaja (Nanda).

 

Pada akhir sesi teman-teman dari insan genre membuat permainan dengan media permainan PKBR (penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) yang di sebut Jurang ambyar. Kegiatan itu di sambut antusias oleh peserta pembinaan. Tujuan dari permainan Jurang Ambyar adalah agar remaja paham kalo setiap kehidupan tidak akan berjalan mulus, aka nada ajakan negative, kebosanan, masalah, dan lain-lain. Di harapkan remaja tetap pada jalan yang lurus tidak masuk dalam jurang.